Sabtu, 22 Oktober 2011

Tugas IAD

5. Jelakan masing-masing langkah pada metode ilmiah! 

A. Perumusan Masalah   
Yang dimaksudkan dengan masalah merupakan pertanyaan apa, mengapa atau         bagaimana tentang suatu obyek yang diteliti. 
B. Penyusunan Hipotesis 
merupakan jawaban sementara atau dugaan jawaban pertanyaan yang dianjurkan, materinya merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang dikembangkan. 
C. Pengujian Hipotesis 
merupakan pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesis yang telah diajukan untuk dapat  memperlihatkan apakah fakta-fakta tersebut mendukung hipotesis atau tidak.
 D. Penarikan kesimpulan 
penarikan kesimpulan didasar kan atas penilaian melalui analisis dari fakta untuk melihat apakah hipotesis yang diajukan diterima atau tidak. 
6.  Apakah yang membedakan antara IPA klasik (tradisional) dan IPA modern? 
IPA Klasik
Dapat diartikan bahwa yang klasik umumnya bersifat tradisional,berdasarkan pengalaman,kebiasaan,atau naluri semata,meskipun ada kreasi namun hanya merupakan tiruan dari keadaan alam sekitar.
Ciri-ciri IPA kalsik :
  • Dinikmati langsung:gerakan benda dalam mekanik
  • Penglihatan dengan teori cahaya
  • Pendengaran suara
  • Indra rasa thermodinamika
  • Listrik magnet 
Contoh : proses pembuatan tempe dan ragi tape

 IPA Modern
Ipa Modern muncul berdasarkan penelitian maupun pengujian dan telah diadakan pembaruan yang berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.
Proses yang berkaitan dengan fisika, kimia, biologi, biokimia, dan sebagainya merupakan hasil perkembangan IPA Modern yang ada.
Fisika modern merintis dimulainyaIPA Modern yang dikaitkan dengan ditemukannya teori relativitas dari Einsten (1905), diikuti oleh teori radiasi oleh Max Planck (1910), Sinar X oleh Rontgen (1923), juga teori kuantum yang menggambarkan sifat atom.
IPA Modern diperoleh atas dasar penelitian dengan menggunakan metode ilmiah disertai pengujian berulang kali, sehingga diperoleh ilmu yang mantap, baim terapan maupun ilmu murni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar